PERISTIWA
Setelah
menyelesaikan Modul 1.1 dan baru saja menyelesaikan modul 1.2 pada modul 1 baru
sekitar 50% telah berlalu di pelajari, banyak hal yang saya pahami setelah
mempelajari modul 1.1 dan 1.2 sehingga bisa merubah pola hidup saya dalam
menjalakan aktifitas belajar mengajar seperti yang diharapkan oleh bapak
pelopor kita Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan yang berpusat kepada Peserta
Didik, Menghamba kepada peserta didik, tugas saya sebagai guru adalah menuntun
bukan menuntut. Peserta didik bukan seperti kertas yang kosong, tetapi tugas
kita untuk menebalkan tulisan2 yang ada pada peserta didik. Dan pembelajaran
disesuaikan dengan Kodrat Alam dan Zaman sehingga terciptalah Merdeka Belajar.
Pada tahap modul 1.2 menambahkan pemahaman saya untuk menjadi seorang guru penggerak yang didalam nya membahan tentang Nilai-nilai dan Peran guru Penggerak yaitu : Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif dan Berpihak Pada Peserta didik. Dari nilai-nilai guru penggerak tersebut diatas menguatkan saya untuk terus berperan sebagai: Menjadi Pemimpin Pembelajar, MenggerakakkanKomunitas Praktisi, Menjadi Coach bagi Guru lain, Mendorong Kolaborasi Antar Guru, memajukan kepemimpinan peserta didik.
PERASAAN
Perasaan
saya saat moment ini terjadi,… saya seperti Polisi atau Satpam atau apalah
namanya, karna saya masih belum paham tentang filosofis KHD dalam pembelajaran
dan Pendidikan. Yang selam ini saya masih mengedepankan Menuntut bukan menuntun
dan saya juga belum seutuhnya menerapkan Konsep Menghamba kepada Peserta
Didik untuk mencapai merdeka Belajar. Disini saya masih wajib banyak belajar
dari Pengajar Praktik, Fasilitator dan Instruktur, agar tercapai semua untuk
mencapai merdeka belajar.
PEMBELAJARAN
Setelah
mendapatkan bimbingan dan menyelesaikan modul tahap demi tahap saya berharap
bisa melakukan perubahan pada diri, sebelumnya saya menjadikan murid sebagai
Objek Pembelajaran, dan menganggap peserta didik itu sebagai kertas kosong.dan
sekarang saya mulai memahami ternyata peserta didik bukanlah subjek pembelajaran,
guru hanya berperan untuk membentuknya sesuai dengan kodrat alam dan zaman.
PENERAPAN
KEDEPAN ( RENCANA )
Apa pengembangan diri yang sederhana, konkrit dan rutin yang dapat
saya lakukan sendiri dari sekarang untuk membantu menguatkan nilai-nilai peran
guru sebagai guru penggerak?
Menerapkan pendidikan yang menuntun dan berpihak pada murid dalam proses pembelajaran,
berkolaborasi dengan guru lain untuk bekerjasama dalam komunitas praktisi seperti KKG, menerapkan refleksi dalam pembelajaran salah satunya meminta Rekan untuk mengamati atau merekam proses
pembelajaran yang saya lakukan, dan memperbaiki nya, saya mengikuti pelatihan-pelatihan secara mandiri untuk meningkatkan pemahaman saya dan meningkatkan kompetensi guru
Membuat inovasi diri untuk memunculkan nilai-nilai inovasi guru penggerak dengan belajar atau memodifikasi dengan media, Model yang sudah ada.
0 komentar:
Posting Komentar