Kamis, 16 Juni 2022

MODUL 1.2.a.8 Koneksi Antar Materi

Informasi Halaman :
Author : Samsul Bahri, berdomisili di Aceh Tamiang - Indonesia.
Judul Artikel : MODUL 1.2.a.8 Koneksi Antar Materi
URL : http://samsul-samba.blogspot.com/2022/06/modul-12a8-koneksi-antar-materi.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!


 

PERISTIWA

Setelah menyelesaikan Modul 1.1 dan baru saja menyelesaikan modul 1.2 pada modul 1 baru sekitar 50% telah berlalu di pelajari, banyak hal yang saya pahami setelah mempelajari modul 1.1 dan 1.2 sehingga bisa merubah pola hidup saya dalam menjalakan aktifitas belajar mengajar seperti yang diharapkan oleh bapak pelopor kita Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan yang berpusat kepada Peserta Didik, Menghamba kepada peserta didik, tugas saya sebagai guru adalah menuntun bukan menuntut. Peserta didik bukan seperti kertas yang kosong, tetapi tugas kita untuk menebalkan tulisan2 yang ada pada peserta didik. Dan pembelajaran disesuaikan dengan Kodrat Alam dan Zaman sehingga terciptalah Merdeka Belajar.

Pada tahap modul 1.2 menambahkan pemahaman saya untuk menjadi seorang guru penggerak yang didalam nya membahan tentang Nilai-nilai dan Peran guru Penggerak yaitu : Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif dan Berpihak Pada Peserta didik. Dari nilai-nilai guru penggerak tersebut diatas menguatkan saya untuk terus berperan sebagai: Menjadi Pemimpin Pembelajar, MenggerakakkanKomunitas Praktisi, Menjadi Coach bagi Guru lain, Mendorong Kolaborasi Antar Guru, memajukan kepemimpinan peserta didik.                                                                                                                                                   

PERASAAN

Perasaan saya saat moment ini terjadi,… saya seperti Polisi atau Satpam atau apalah namanya, karna saya masih belum paham tentang filosofis KHD dalam pembelajaran dan Pendidikan. Yang selam ini saya masih mengedepankan Menuntut bukan menuntun dan saya juga belum seutuhnya menerapkan Konsep Menghamba kepada Peserta Didik untuk mencapai merdeka Belajar. Disini saya masih wajib banyak belajar dari Pengajar Praktik, Fasilitator dan Instruktur, agar tercapai semua untuk mencapai merdeka belajar.

PEMBELAJARAN

Setelah mendapatkan bimbingan dan menyelesaikan modul tahap demi tahap saya berharap bisa melakukan perubahan pada diri, sebelumnya saya menjadikan murid sebagai Objek Pembelajaran, dan menganggap peserta didik itu sebagai kertas kosong.dan sekarang saya mulai memahami ternyata peserta didik bukanlah subjek pembelajaran, guru hanya berperan untuk membentuknya sesuai dengan kodrat alam dan zaman.   

PENERAPAN KEDEPAN ( RENCANA )

 

Apa pengembangan diri yang sederhana, konkrit dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang untuk membantu menguatkan nilai-nilai peran guru sebagai guru penggerak?

 Menerapkan pendidikan yang menuntun dan berpihak pada murid dalam proses pembelajaran,

 berkolaborasi dengan guru lain untuk bekerjasama dalam komunitas praktisi seperti KKG, menerapkan refleksi dalam pembelajaran salah satunya meminta Rekan untuk mengamati atau merekam proses

pembelajaran yang saya lakukan, dan memperbaiki nya, saya mengikuti pelatihan-pelatihan secara mandiri untuk meningkatkan pemahaman saya dan meningkatkan kompetensi guru

Membuat inovasi diri untuk memunculkan nilai-nilai inovasi guru penggerak dengan belajar atau memodifikasi dengan media, Model yang sudah ada.

Terima kasih atas kunjungannnya, komentar Anda sangat bermanfaat bagi kemajuan Informasi di Blog ini. Untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://samsul-samba.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar