Minggu, 19 Juni 2022

TUGAS MODUL 1.3.A.3. MULAI DARI DIRI

Informasi Halaman :
Author : Samsul Bahri, berdomisili di Aceh Tamiang - Indonesia.
Judul Artikel : TUGAS MODUL 1.3.A.3. MULAI DARI DIRI
URL : http://samsul-samba.blogspot.com/2022/06/tugas-modul-13a3-mulai-dari-diri.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

 


VISI SAYA SEBAGAI GURU PENGGERAK

Visi adalah gambaran besar atau gambaran secara keseluruhan tentang apa yang diinginkan, sebuah pandangan ke depan, atau sebuah arahan ideal yang ingin dituju dalam suatu kegiatan. Memiliki visi yang jelas akan membantu memperjelas arah dan tujuan yang lebih nyata lagi. Tanpa tujuan yang jelas, maka segala yang kita kerjakan dapat saja mengambang tanpa dapat menjadi sesuatu yang bermakna.

Sebagai seorang Guru Penggerak, tugas dan tanggung jawab utama adalah untuk dapat menggerakkan seluruh murid, guru dan bahkan orang tua serta lingkungan sekitar untuk dapat mencapai visi Guru Penggerak. Tujuan yang ingin dicapai adalah membentuk generasi penerus bangsa yang dapat menjadi generasi emas yang berkarakter Pancasila serta memiliki 6 profil pelajar Pancasila yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif.

Berikut ini visi yang coba saya bangun dan bayangkan mengenai siapa murid-murid saya di masa depan dan murid yang seperti apa bahkan lingkungan sekolah yang seperti apa yang ingin saya kembangkan ke depannya. Simak visi saya berikut ini:

  1. Saya memimpikan murid-murid yang berkolaborasi antara satu dengan lainnya, saling berbagi ilmu dan saling mendukung dengan kemampuan khusus yang mereka miliki agar semua mendapatkan manfaat. Saya memimpikan murid-murid yang berpikiran kritis dan mau berpikir analitis terhadap situasi dan keadaan yang ada serta gemar untuk mencari solusi atas permasalahan di lingkungan sekitarnya.
  2. Sekolah saya percaya bahwa murid adalah masa depan bangsa dan negara, sehingga sekolah berinvestasi untuk kemajuan setiap murid karena menilai bahwa semua murid adalah penting dan akan mengupayakan segala hal yang dapat dikerjakan untuk kemajuan setiap murid di sekolah.
  3. Sekolah saya mengutamakan keselamatan dan kemajuan setiap murid yang mungkin berasal dari latar belakang yang berbeda dan juga tingkat pengetahuan yang juga berbeda. 
  4. Murid di sekolah saya sadar betul bahwa setiap murid adalah murid yang unik dan special sehingga mereka belajar untuk saling menghargai perbedaan dari setiap murid lainnya. Setiap murid akan mencoba untuk membantu dan bergotong royong dengan murid lainnya untuk menciptakan perubahan positif baik untuk murid tersebut maupun orang lain yang ada di sekitarnya. 
  5. Guru di sekolah saya yakin untuk selalu memberikan kesempatan bagi semua murid, tidak lelah untuk memberi teladan yang terbaik, suka menuntun murid menemukan kekuatan dan kelemahan mereka sehingga dapat membangun setiap murid untuk lebih maju. 
  6. Guru di sekolah saya paham bahwa tanggung jawab mereka dalam mendidik adalah kepada Tuhan dan bukan hanya kepada manusia semata, karena Tuhan sudah memberikan kesempatan kepada guru untuk mewarnai dan menuntun setiap murid kepada hal yang baik dan mulia. Hal ini akan mendorong setiap guru untuk selalu memberikan yang terbaik yang mampu dilakukan untuk kemajuan setiap murid.
Untuk mewujudkan semua tidaklah mudah, perlunya kolaborasi rekan guru, kepala sekolah dan masyarakat Sekitar agar betul-betul tercapai profil pelajar pancasila. semoga saya dan rekan-rekan semua diberi kekuatan dan kesehatan, amiiin ya rabbal alamin. salam bahagia.




Terima kasih atas kunjungannnya, komentar Anda sangat bermanfaat bagi kemajuan Informasi di Blog ini. Untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://samsul-samba.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar