Senin, 22 Agustus 2022

TUGAS CGP ANGKATAN 5 JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.3

Informasi Halaman :
Author : Samsul Bahri, berdomisili di Aceh Tamiang - Indonesia.
Judul Artikel : TUGAS CGP ANGKATAN 5 JURNAL DWI MINGGUAN MODUL 1.3
URL : http://samsul-samba.blogspot.com/2022/08/jurnal-dwi-mingguan-modul-13.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

 Model I (Refleksi 4F)

FACT ( PERISTIWA)

Peristiwa apa saja terjadi selama mengikuti pembelajaran minggu ini?

1 Mulai dari diri  2 Eksplorasi konsep 3 Ruang kolaborasi  4 Demonstrasi konstektual  5 Elaborasi pemahaman 6 Koneksi antar materi  7 Aksi nyata

Pada minggu ini, Calon guru penggerak (CGP)  mempelajari modul 1.3 Visi Guru Penggerak.  dengan alur yang sama yaitu MERDEKA (Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata. Dalam modul ini CGP diharap diharuskan menggali pemahaman awal mengenai arti penting visi baik bagi guru maupun fisik yang dimiliki guru penggerak,  kegiatan ini diawali dengan membuat lukisan dengan tema Imajinasiku tentang muridku di masa depan.  Pada tahap eksplorasi konsep, Saya belajar bagaimana merumuskan sebuah visi impian mengenai murid dimasa depan peserta prakarsa perubahan dengan pendekatan inkuiri Apresiatif dengan tahapan BAGJA. BAGJA itu sendiri akronim dari Buat Pertanyaan, Ambil Pertanyaan, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana Atur Eksekusi.

Ruang kolaborasi

 Pada kegiatan ini saya bersama bapak/ibu cgp ( Pak Amril, Bu Masitah, Pak. M saleh, Pak Muhroni). di kelas A atau kelompok I dipandu oleh Bapak Yasir M.Pd selaku Pengajar Praktik dan bu Agus sebagai Fasilitator masuk dalam kelompok A  membahas mengenai satu visi impian beserta kalimat prakarsa perubahan.  setelah semua tercapai kami membuat kamu bekerja dalam penjabaran prakarsa Perubahan tersebut diskusi yang sangat menarik di antara kami saling bertukar pikiran memberi masukan dan dan Saran.

Elaborasi

Hal yang tidak kalah menariknya adalah ketika kegiatan elaborasi pemahaman kami bertemu dengan rekan CGP lainnya secara virtual melalui Google Meet. kegiatan ini dipandu oleh ibu  ULFAH AMINI Istruktur yang sangat luar biasa. Kegiatan yang sangat menarik, Kita diajak berdiskusi, memberikan tanggapan serta kami diberikan penguatan untuk lebih memahami mengenai visi  impian pribadi sebagai seorang guru. Kegiatan ini ditutup dengan pengisian refleksi. 

FEELING ( PERASAAN )

Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung ?

Hampir satu bulan lebih kegiatan ini mengalami pemberhentian sementara.  ketika mendapatkan informasi bahwa kegiatan pendidikan Guru Penggerak dimulai kembali, perasaan saya bercampur antara senang dan galau, Walaupun demikian saya tetap harus berjuang untuk mencapai suatu tujuan. Untuk menghilangkan rasa kejenuhan saya maka saya harus lebih bersemangat lagi menghadapi tugas-tugas yang ada di LMS,  yang membuat saya menjadi kuat dan semangat karena saya bertemu kembali dengan teman-teman dan ibu Fasilitator dan Bapak Pengajar Praktik yang selalu memberikan motivasi dan semangat kepada saya untuk selalu mengerjakan tugas-tugas yang ada di LMS Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.  dan saya kembali lagi beraktivitas membuka kembali pada materi dalam Modul yang terdapat di LMS pada modul 1.3 yaitu visi guru penggerak ini banyak ilmu yang saya dapatkan. Selain ilmu yang saya dapatkan saya pun mendapat banyak pengalaman dari Fasilitator, pengajar praktik serta bapak ibu guru CGP lainnya Saya merasa senang dan bangga akan hal itu. 


FINDING ( PEMBELAJARAN )

Pembelajaran apa yang diperoleh dari proses ini?

Setelah mempelajari modul 1.3 mengenai Visi  Guru Penggerak, ada beberapa pembelajaran yang saya dapatkan di antaranya;  Untuk melakukan perubahan yang positif bisa kita lakukan dengan memfokuskan pada apa yang kita miliki dalam diri sehingga pemikiran kita menjadi positif. Guru harus memiliki visi pribadi mengenai gambaran seorang murid di masa depan titik disini diharapkan mengarah kearah profil belajar Pancasila. 

FUTURE ( PENERAPAN ) 

Apa aksi/tindakan yang saya lakukan setelah proses pembelajaran ini?

Setelah pembelajaran modul 1.3 ini mengenai Visi Guru Penggerak, saya sudah menuliskan visi impian saya dengan penuh keyakinan yaitu mewujudkan murid yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Mandiri melalui Merdeka belajar. Visi yang merupakan representasi dari elemen dimensi profil belajar Pancasila. dan berusaha melakukan untuk bekerja sama dan mensosialisasikan inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA.  dalam hal ini saya melibatkan  kepala sekolah rekan-rekan guru, dan warga yang ada di lingkungan sekolah untuk berkolaborasi dalam melakukan perubahan dengan mengidentifikasi kekuatan yang telah dimiliki.


Terima kasih atas kunjungannnya, komentar Anda sangat bermanfaat bagi kemajuan Informasi di Blog ini. Untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di http://samsul-samba.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar